Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

Desa Sukamanah Tampilkan Gelaran Grop Calung Samuhur Hudud

info sembilan news
15 Sep 2024, 20:17 WIB Last Updated 2024-09-17T15:25:45Z



Acara kegiatan Ini Memeriahkan (HUT) RI ke-79 di bulan September. (Foto : Ridwan/Infosembilannews.com)

CIANJUR - Dengan adanya acara pagelaran kesenian calung yang sudah terselenggara baru selesai. Bernama Calung Samuhur Hudud, yang terdiri dari personal perangkat desa baik staf dan Ketua Rt Wilayah Desa Sukamanah.

Bertempat acara hiburan  Kampung Cadot RT 02/RW 05, Desa Sukamanah Kecamatan Cugenang, Cianjur Jawa Barat, Sabtu (14/09/2024) malam tadi.

Sebagai Dalang Grop Calung Samuhur Hudud Dedi. mengatakan, hal tersebut untuk memeriahkan acara kegiatan hari ulang Tahun (HUT) RI yang ke 79 dengan budaya seni sunda, dengan diiringi tarian anak warga sekitar Kampung Cadot dan diahiri dengan Kesenian Calung Samuhur Hudud dengan meriah dan begitu antusias warga masyarakat Kampung Cadot.

"Hadirnya calung Samuhur Hudud bertujuan bisa mempererat jalin silaturahmi, juga bisa lebih mengenal perangkat Desa Sukamanah dengan masyarakat Kampung Cadot," ucap Dalang Dedi.

Masih kata dia, salah satu pagelaran Calung Samuhur Udud yang terbentuk ada 7 orang Anggota, yang sudah 4 bulan berjalan  kurang lebih. Salah satu Anggotanya yang ke 1, sebagai dalang Dedi, Ridwan, Budi, Asep, Dede Mamun, Hadi dan yang sudah biasa dipangil Abah Jenal, semuanya di 7 peserta.

"Maka dari itu upaya kami untuk memperkenalkan kebudayaan kesenian khas sunda dalam prose's belajar dalam mengisi acara-acara hiburan kecil-kecilan untuk warga masyarakat Wilayah Desa kami," katanya.

Hal tersebut untuk itu lebih bisa mengetahui terutama dianak kecil, bahwa jeni's - jenis kesenian maupun budaya harus kita melestarikan. Dalam bahasa sundanya mumulekan, baik tradisi grop hiburan calung samuhur samudud kesenian khas sunda. 

"Nah untuk grop calung Samuhur Hudud dikesenian ini, sementara hanya luang lingkup Wilayah Desa Desa Sukamanah dulu," ujarnya saat diwawancarai oleh insan pers media online infosembilannews.com di kediaman rumah RT 02 tersebut.

Terahir dengan harapan grop calung samuhur hudud ini bisa membawakan hasil terhibur untuk banyak orang. Dalam kepedulian kita semua untuk melestarikan kesenian budaya yang sampai saat ini semakin lama semakin terlupakan dan tertinggalkan.

"Dengan ini semoga bersama-sama kita bisa bertisifasi, ter'infirasi, baik dengan adanya grop calung samuhur hudud bisa terhibur, dalam melestarikan baik pertahankan nilai-nilai leluhur kita. Yang ada dikesenian dan kebudayaan ditanah sunda ini," pungkasnya. (D3D1 RJY)

Iklan